Archive for October, 2008

PENYUSUNAN JOB DESCRIPTION – PENGANTAR

PENYUSUNAN JOB DESCRIPTION – PENGANTAR

Dalam artikel ini akan dibahas tentang: Urgensi Penyusunan Job Description, Hakekat Job Description, Analisa jabatan dan Uraian Jabatan, Job Description dan Job Requirement / Job Specification dan Nilai Strategis Job Descripstion Terhadap Aktivitas lain

By October 31, 2008 4 Comments Read More →
KAPITALISASI PASAR DIRI INDIVIDU

KAPITALISASI PASAR DIRI INDIVIDU

Nah, pada bagian ini, saya akan mengajak para pembaca untuk melihat dan mengadopsi prinsip-prinsip kapitalisasi pasar tadi dalam usaha “memasarkan” diri kita di bursa tenaga kerja. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ternyata ada 4 komponen utama yang dapat membentuk intangible asset pada sebuah perusahaan. Jika prinsip ini ingin diadopsi ke diri atau individu, maka komponen terakhir yaitu orang-orang menjadi tidak relevan, sehingga dapat dihilangkan.

By October 30, 2008 1 Comments Read More →
STRATEGI SDM VS KRISIS MONETER GLOBAL

STRATEGI SDM VS KRISIS MONETER GLOBAL

Perusahaan harus memiliki strategi SDM yang efektif dan efisien untuk menghadapi efek domino dari krisis moneter dunia dan domestik. Untuk itu strategi peningkatan produktifitas dan mutu kerja harus dapat diterapkan. Di tingkat mikro, perusahaan harus mampu meredam keresahan di kalangan karyawannya yang menyangkut isu PHK.

By October 30, 2008 0 Comments Read More →
Diskusi Pendidikan Karir di Jepang

Diskusi Pendidikan Karir di Jepang

Pakar pendidikan karir memasukkan komponen kemampuan berkomunikasi sebagai materi pendidikan karir. Bahkan beberapa sekolah di Jepang telah memasukkan latihan pidato sebagai salah satu kegiatan (bukan mapel) mengasah kemampuan berkomunikasi. Seperti yang pernah saya tulis, beberapa SD menggilirkan siswanya untuk berpidato. Tetapi apakah ini yang dimaksud dengan pendidikan karir ? Apakah tidak cukup dengan pelajaran Bahasa ?

By October 30, 2008 0 Comments Read More →
Keuntungan Six Sigma

Keuntungan Six Sigma

Ada cukup banyak keuntungan pada saat metode ini diterapkan oleh perusahaan. Keuntungan baik pada level perusahaan atau pun pada level individu / personal

By October 29, 2008 0 Comments Read More →
Sejarah, Visi dan filosofi Six Sigma

Sejarah, Visi dan filosofi Six Sigma

Filosofi Six Sigma adalah untuk mengaplikasikan suatu pendekatan yang terstruktur, sistematis untuk meraih operational excellent di seluruh area bisnis dengan breaktrough improvement .

By October 28, 2008 0 Comments Read More →
MANAJEMEN PANIK VS KRISIS MONETER GLOBAL

MANAJEMEN PANIK VS KRISIS MONETER GLOBAL

Secara teoretis kepanikan timbul kalau seseorang atau lembaga tertentu tidak memiliki kapabilitas termasuk pengetahuan dan jalan keluar yang memadai untuk menghadapi turbulensi. Dalam arti bahwa sumberdaya yang ada tidak cukup mampu digunakan untuk mencari pilihan terbaik. Selain itu kalau seseorang atau lembaga tidak melakukan antisipasi seandainya terjadi guncangan eksternal.

By October 28, 2008 1 Comments Read More →
Alokasi Anggaran Pendidikan Jepang

Alokasi Anggaran Pendidikan Jepang

Menarik disimak informasi dalam tulisan yang ditulis dari “Negeri Matahari Terbit”. Sebagai informasi untuk memperkaya wawasan kita tentang bagaimana suatu anggaran pendidikan semestinya bisa dialokasikan. Dalam tulisan ini dijabaran tentang pos dan alokasi berbagai sub sector dalam anggaran pendidikan di Jepang.

By October 28, 2008 0 Comments Read More →
Buku Pedoman Team Briefing

Buku Pedoman Team Briefing

Buku pedoman team briefing ini dimaksudkan sebagai pegangan yang dapat diberikan kepada setiap karyawan di setiap perusahaan-perusahaan yang ingin membuat standarisasi aktifitas tim briefing. Buku panduan team briefing ini merupakan kompilasi dari 11 artikel tentang team briefing yang telah dimuat bulan September 2008 lalu.

By October 27, 2008 0 Comments Read More →