Kepribadian dan Sikap

attitudeKepribadian seringkali diartikan sebagai bauran yang unik dari ciri-ciri fisik dan mental yang ada dalam diri seseorang. Misalnya, jika Anda mengambil karakteristik-karakteristik fisik (mata, senyum, sosok tubuh, dan sebagainya) dan karakteristik-karakteristik mental (kebijaksanaan, toleransi, ketekunan, dan sebagainya) kemudian menggabungkannya, kombinasi yang muncul merupakan kepribadian seseorang.

Kepribadian seseorang ada dalam benak orang-orang lain. Bagaimana orang lain menafsirkan kepribadian Anda merupakan kunci untuk mengetahui bagaimana sebenarnya kepribadian Anda sendiri. Kepribadian Anda lebih terletak pada apa yang Anda tampilkan dan bukan pada bagaimana Anda memandang diri Anda sendiri.

Kadang-kadang kita mendengar istilah kepribadian yang karismatik. Beberapa tokoh olahraga atau panggung dianggap memiliki karisma. Beberapa pemimpin juga memilikinya. Kebanyakan dari kita tidak. Kepribadian karismatik merupakan kombinasi yang langka dari ciri-ciri yang memancarkan pesona atau daya tarik tertentu.Sikap begitu pentingnya sehingga dapat menjadi lebih penting daripada karakteristik-karakteristik fisik dan mental dalam suatu kepribadiaan. Sikap yang positif begitu kuatnya sehingga dapat memperkuat ciri-ciri kepribadian. Sebaliknya, sikap yang negatif dapat meminimalkan atau meniadakan karakteristik-karakteristik yang seyogyanya menarik.

Kita tentu saja tidak dapat mengatakan bahwa sikap yang positif dapat menciptakan karisma-tetapi sikap ini dapat mendekatinya.

  1. Sikap yang positif dapat membuat orang cantik menjadi dua kali lebih cantik.
  2. Seseorang yg mempunyai sikap positif dapat mengubah kepribadian yang     membosankan  menjadi kepribadian yang di pandang orang sebagai menarik.
  3. Beberapa sikap positif tampaknya “mencemerlangkan” karakteristik kepribadian yang     lain dan dalam proses ini citra keseluruhan orang yang bersangkutan menjadi lebih     bersinar dan lebih menarik bagi orang lain.

Rasanya tidak perlu diragukan lagi bahwa sikap positif dapat membantu orang menampilkan kepribadian yang sebaik-baiknya. Banyak orang berbakat termasuk mereka yang memiliki karakteristik dan karisma yang didambakan orang lain merasa kesepian dan tidak bahagia, baik dalam kehidupan pekerjaan maupun dalam kehidupan pribadi, karena mereka tidak menyadari pentingnya sikap yang positif.

Mereka terlalu menggantungkan diri pada karakteristik fisik atau mental yang menarik, (seperti bakat, intelijensia, penampilan, pendidikan, keluarga atau posisi ) sehingga mereka lupa bahwa orang lain akan merasa senang berhubungan dengan orang yang ceria dan optimistik.Anda mungkin pernah memperhatikan bahwa seorang kawan atau rekan kadangkala sekonyong-konyong tampak lebih menarik tanpa adanya faktor tertentu yang mengubahnya seperti gaya rambut yang baru atau busana yang lebih modis. Bagaimana ini bisa terjadi ?  Sikap yang barulah penyebabnya.

Kebanyakan di antara kita harus belajar untuk hidup nyaman dengan ciri dan karakteristik bawaan kita. kita dapat meningkatkan diri dengan menata rambut secara lebih rapi, mengikuti program kebugaran, bahkan dengan menjalani bedah plastik. Tetapi setelah ini dilakukan pun, kita perlu menyadari bahwa semua perbaikan haruslah memancarkan apa yang sudah kita miliki secara lebih baik. Sarana untuk mencapai ini adalah sikap positif !.

Ikhtisar

  1. Sikap positif adalah karakteristik kepribadian paling ampuh dan paling berharga yang     dapat dimiliki seseorang.
  2. Cara menampilkan karakteristik mental dan fisik secara maksimal adalah dengan     mengkomunikasikannya melalui sikap positif.
  3. Memiliki kepribadian yang karismatik (atau bahkan sekedar mendekatinya ) tidaklah     mungkin tanpa sikap yang positif.

(Sumber: Seri manajemen terapan “Sikap Kekayaan Anda yang Paling Berharga” oleh Elwood N. Chapman)

Share and Enjoy: These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • MisterWong
  • Y!GG
  • Webnews
  • Digg
  • del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • blogmarks
  • Blogosphere News
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Squidoo
  • Technorati
  • YahooMyWeb
  • Socialogs
  • email

About the Author:

1 Comment on "Kepribadian dan Sikap"

Trackback | Comments RSS Feed

  1. diki says:

    kepribadian ada di benak kita

Post a Comment

Switch to our mobile site