MANAJER: DAPATKAN KEKUATAN KEPEMIMPINAN ANDA

kekuatan_manajerDari pengalaman empiris perusahaan mendorong para manajer fokus pada upaya mencapai target kinerja yang sudah dipatok oleh perusahaan. Sementara gaya kepemimpinan diserahkan masing-masing pada manajer. Tentu saja antarunit tanpa terkontrol akan terdapat beragam kepemimpinan. Nah disinilah masalahnya kalau ada beberapa kelompok karyawan berada pada posisi suka dan atau tidak suka pada manajer dengan gaya kepemimpinan tertentu. Idealnya manajer bersikap responsif dengan situasi seperti itu. Jangan sampai membiarkan para kelompok karyawan tidak menyukai gaya kepemimpinan yang diterapkan manajer. Secara akumulasi kalau diabaikan akan menggangu suasana kerja. Manajer seharusnya terdorong untuk mendapatkan dan menyadari kekuatan kepemimpinan yang bisa diterima karyawan.

Manfaat manajer menyadari akan potensi kepemimpinannya, paling tidak dapat berupa :

  1. Katakanlah seorang manajer itu adalah bersifat visioner. Untuk itu idealnya manajer akan mampu merancang suatu rencana strategis dan rencana operasional unit kerjanya sejalan dengan rencana strategis perusahaan. Termasuk didalamnya bagaimana mengkoordinasi para karyawannya. Sehubungan dengan itu manajer akan menelaah gaya kepemimpinan apa yang bisa diterapkan setelah memahami dan menyadari kekuatan kepemimpinan yang dimilikinya. Selain itu karena potensi tiap karyawan berbeda, ia akan menerapkan gaya kepemimpinan berbeda ketika mengkoordinasi karyawan yang pengalamannya masih baru dan yang sudah senior.
  2. Disamping memahami kekuatan dirinya, seorang manajer pun harus menyadari kekuatan yang dimiliki para karyawannya. Bisa jadi kekuatan setiap inidividu karyawan beragam. Bisa jadi pula manajer akan merasa bingung untuk menerapkan gayaUniversity of Florida
  3. Ketika pasar global sudah bergulir ketika itu pula perusahaan tidak bisa menghindari diri dari suasana kompetisi. Disitulah fungsi kepemimpinan bisnis menjadi sangat strategis. Kekuatan kepemimpinan bukanlah bersifat statis. Seharusnya sifat itu dinamis sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan internal dan eksternal. Bagi yang sudah menyadari kekuatan kepemimpinannya, sangat patut kalau setiap manajer tersebut akan lebih siap dan mampu memasuki atau berkompetisi di pasar global.

kepemimpinan yang patut di unit kerjanya. Namun kalau sudah tahu tentang potensi kepemimpinannya termasuk memahami kekuatan dan kelemahan karyawannya, manajer akan memiliki manfaat besar. Studi yang dilakukan (Strengths based Leadership, 2008) menunjukkan bahwa kepemimpinan organisasi yang tidak fokus pada kekuatan potensinya maka kinerjanya akan jauh lebih rendah ketimbang yang fokus.

Tampak jelas bahwa selain berposisi manajer seharusnya juga ia sebagai seorang pemimpin. Tidak hanya sebatas mampu mengelola sumberdaya produksi untuk mencapai tujuan dan sasaran perusahaan. Tetapi untuk meraihnya ia harus mampu mengkoordinasi para karyawannya. Pertanyaannya, apakah ia otomatis mengetahui dan memahami akan kekuatan kepemimpinannya? Atau hanya cukup dengan mengandalkan otoritasnya saja sebagai pemimpin? Yang sudah pasti setiap manajer cenderung memimpin dengan cara berbeda-beda. Alasannya karena setiap manajer memiliki talenta dan keterbatasan masing-masing; begitu juga potensi pada karyawannya. Karena itu ia seharusnya memiliki kesadaran bahwa dalam dirinya terdapat kekuatan. Termasuk sadar akan kelemahannya. Tanpa itu seorang manajer tidak akan mampu memimpin dengan efektif.

Tulisan asli dari artkel ini dan artikel menarik lainnya tentang leadership dan  MSDM dapat juga diakses melalui: MANAJER: DAPATKAN KEKUATAN KEPEMIMPINAN ANDA

Kontributor:
Prof. Dr. Ir. H. Sjafri Mangkuprawira seorang blogger yang produktif, beliau adalah Guru Besar di Institut Pertanian Bogor yang mengasuh berbagai mata kuliah di tingkat S1 sampai S3 untuk mata kuliah, di antaranya: MSDM Strategik, Ekonomi Sumberdaya Manusia, Teori Organisasi Lanjutan, Perencanaan SDM, Manajemen Kinerja, Manajemen Pelatihan, Manajemen Program Komunikasi. MSDM Internasional, Manajemen Pemberdayaan Masyarakat dan Lingkungan,

Beliau adalah salah seorang pemrakarsa berdirinya Program Doctor bidang Bisnis dan dan saat ini masih aktif berbagi ilmu di Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis Institut Pertanian Bogor (MB-IPB).
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang diri dan pemikiran-pemikiran beliau, silakan kunjungi Blog beliau di Rona Wajah

Share and Enjoy: These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • MisterWong
  • Y!GG
  • Webnews
  • Digg
  • del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • blogmarks
  • Blogosphere News
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Squidoo
  • Technorati
  • YahooMyWeb
  • Socialogs
  • email
Posted in: Featured, Leading Others

About the Author:

4 Comments on "MANAJER: DAPATKAN KEKUATAN KEPEMIMPINAN ANDA"

Trackback | Comments RSS Feed

  1. heel lift says:

    I simply wanted to construct a small message so as to express gratitude to you for some of the lovely tips and tricks you are sharing at this website. My time-consuming internet look up has now been paid with extremely good points to go over with my family and friends. I ‘d assume that we visitors are extremely endowed to live in a useful place with very many wonderful individuals with beneficial tips. I feel very privileged to have encountered your entire website page and look forward to plenty of more fabulous minutes reading here. Thanks once more for everything.

  2. Emily says:

    Not many blogs that deliver such consistently readable and interesting content as is on offer on yours, you are due the tiny amount of time it will take to jot down my appreciation at your work. Bless you.

  3. Ava says:

    whoah this blog is magnificent i love studying your posts. Keep up the good paintings! You understand, many individuals are looking round for this info, you can help them greatly.

Post a Comment