By February 10, 2009 6 Comments Read More →

MEMENANGKAN GAGASAN DALAM PEKERJAAN

win-ideaPernahkan anda memiliki gagasan tertentu namun tidak diterima oleh bos atau teman-teman kolega anda? Misalnya karena gagasan anda tidak relevan dengan tujuan organisasi? Karena gagasan anda tidak membumi? Gagasan anda tidak memiliki argumen kuat,dsb?. Jangan cepat mundur bahkan menyerah. Ada beberapa yang hal yang sebaiknya diperhatikan. Apalagi kalau anda sendiri yang diminta untuk membuat gagasan.

Katakanlah anda sedang siap untuk menghadiri suatu rapat membahas agenda survei pasar yang efektif. Rapat internal itu sendiri bakal dihadiri oleh bos dan beberapa orang yang selevel dengan anda. Dan anda ditunjuk oleh bos untuk membuat rencana kegiatan survei dan sekaligus penyaji dalam rapat. Ini menjadi kesempatan bagus untuk menjelaskan  gagasan anda dihadapan pimpinan dan kolega.

Apa yang sebaiknya anda lakukan? Yang pertama adalah persiapan sebelum rapat. Karena anda diminta sebagai penggagas maka anda harus sudah menyiapkannya sebaik mungkin. Anda sebaiknya mengumpulkan data sekunder berupa laporan-laporan organisasi. Anda pelajari serinci mungkin dalam hal konsep pemasaran,  masalah yang dihadapi organisasi, tren penjualan, karakteristik segmen pasar selama ini, karakteristik pesaing, dsb. Kemudian anda harus menyiapkan metode survei yang operasional dapat diterapkan termasuk teknik monitoring dan evaluasinya. Dan tentunya dengan uraian tentang penjadwalan dan dukungan personalia dan dana.

Pada tahap rapat berikutnya, anda harus mampu menjelaskan gagasan anda. Sejauh mungkin diawali dengan kelebihan-kelebihan gagasan anda. Ketika diskusi berlangsung upayakan anda tidak mudah “menyerah” dan selalu menerima gagasan dari setiap yang hadir. Sebaliknya anda harus menunjukkan kemampuan dalam pemahaman tentang konsep-kosep pemasaran dan juga teknik survei pasar. Namun secara obyektif tidak ada salahnya anda juga menjelaskan keterbatasan  gagasan dan siap menerima masukan dari kolega dan bos.

Pada tahap ketiga, anda segera memperbaiki gagasan dalam bentuk yang lebih operasional. Isinya sejauh mungkin sudah menampung masukan-masukan yang dinilai relevan tentang survei pasar. Perbaikan gagasan hendaknya disajikan dalam format buku yang menarik untuk menunjukkan anda bersungguh-sungguh membuat konsep survei pasar dengan sebaik mungkin.

Pada tahap akhir, konsep tersebut anda sampaikan langsung ke bos didahului dengan penjelasan singkat  tentang isi perbaikan konsep. Biasanya respon bos ketika itu mengatakan akan mempelajari dahulu dan mungkin langsung menerima konsep yang sudah anda perbuat. Kalau toh ada masukan dari bos, dan isinya relatif sudah bagus umumnya pihak bos secara prinsip akan menerima dengan catatan-catatan kecil yang harus diperhatikan oleh anda. Setelah disetujui lalu  konsep tersebut oleh pimpinan atau bos  diserahkan kepada divisi pemasaran untuk segera dilaksanakan.

Tulisan asli dari artikel ini dan tulisan-tulisan menarik lainnya dalam bidang personal development dan MSDM dapat juga diakses langsung melalui link: MEMENANGKAN GAGASAN

Kontributor:
Prof. Dr. Ir. H. Sjafri Mangkuprawira seorang blogger yang produktif, beliau adalah Guru Besar di Institut Pertanian Bogor yang mengasuh berbagai mata kuliah di tingkat S1 sampai S3 untuk mata kuliah, di antaranya: MSDM Strategik, Ekonomi Sumberdaya Manusia, Teori Organisasi Lanjutan, Perencanaan SDM, Manajemen Kinerja, Manajemen Pelatihan, Manajemen Program Komunikasi. MSDM Internasional, Manajemen Pemberdayaan Masyarakat dan Lingkungan,

Beliau adalah salah seorang pemrakarsa berdirinya Program Doctor bidang Bisnis dan dan saat ini masih aktif berbagi ilmu di Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis Institut Pertanian Bogor (MB-IPB).
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang diri dan pemikiran-pemikiran beliau, silakan kunjungi Blog beliau di Rona Wajah

Share and Enjoy: These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • MisterWong
  • Y!GG
  • Webnews
  • Digg
  • del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • blogmarks
  • Blogosphere News
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Squidoo
  • Technorati
  • YahooMyWeb
  • Socialogs
  • email

About the Author:

6 Comments on "MEMENANGKAN GAGASAN DALAM PEKERJAAN"

Trackback | Comments RSS Feed

  1. I’ve been browsing online much more than three hours today, yet I never found any fascinating post such as yours. It is quite worth adequate for me.

  2. Lucy says:

    You made some decent points there. I looked on the internet for the subject matter and found most guys will go along with with your site.

  3. Abigail says:

    we came across a cool web page that you simply could possibly delight in. Take a search in the event you want

  4. Kayla says:

    I consider something truly interesting about your blog so I saved to favorites.

  5. Bailey says:

    This is really interesting, You’re a very skilled blogger. I have joined your feed and look forward to seeking more of your excellent post. Also, I have shared your site in my social networks!

  6. Do I get a visit if I didn’t fill out all of my form? I fail to see the importance of a lot of your questions, therefore I only answered what I thought you needed. And I WILL NOT give you any more than what I gave you. I know that you do not actually fine people so your scare tactics will have no effect on me.

Post a Comment