Mendongkrak Kinerja Tim

team_performanceSetiap organisasi mempunyai akses ke berbagai sumber daya yang kurang lebih sama. Mereka merekrut karyawan dari kelompok yang sama, mereka dapat mempelajari sarana-sarana dan teknik-tehnik yang sama. Mereka bisa membeli alat-alat yang sama juga. Namun tidak semua organisasi mempunyai performa yang sama. Ada pembeda yang besar antara organisasi-organisasi yang berperforma baik dan buruk. Apa penyebabnya? Yaitu orang-orangnya. Sumber daya manusia yang bekerja dalam organisasi. Performa organisasi sangat di tentukan oleh sumber daya manusia yang ada, berarti terkait dengan motivasi, komitmen, budaya kerja dan bagaimana proses pemberdayaan yang ada dalam organisasi tersebut. Dan ketika menyangkut orang-orang , kepemimpinan (leadership) membuat sebuah perbedaan yang besar. Ketika masalah performa muncul. Seringkali manajer menghindarinya, namum para pemimpin tahu bahwa performa yang buruk ibaratnya seperti penyakit menular. Semakin di biarkan, orang akan menderita. Ada sebuah cerita yang bisa menggambarkan bagaimana kepemimpinan mensikapi sebuah performa yang buruk.

Seorang mengangkat air di India memiliki dua periuk yang diikatkan pada ujung sebuah galah. Ia akan mengangkat galah tersebut di atas kedua bahunya untuk mengangkat air dari sungai ke rumahnya, setiap hari. Salah satu periuknya tersebut retak dan bocor. Yang satunya masih baik. Suatu hari periuk yang retak tersebut berbicara kepada pengangkat air tersebut betapa ia malu dan meminta maaf karena telah meneteskan air yang di tempatkan di dalamnya sementara periuk yang satunya tidak pernah kehilangan setetes airpun. Si pengangkat air tersebut berkata kepada periuk retak tersebut ” ya. Kamu retak dan tidak dapat membawa air sebaik saudaramu. Tapi kamu memiliki sebuah kemampuan yang tidak dimilikinya. Apakah engkau menyadari adanya bunga-bunga ditepi jalan di mana kamu melaluinya, tetapi tidak di sebelah dsisi periuk yang lain? Itu karena aku mengetahui cacatmu dan membuatnya menjadi sesuatru yang menguntungkan. Aku menanam bibit-bibit bunga pada sisi jalan yang kamu lalui dan setiap hari sementara kita berjalan dari sungai ke rumah kamu telah menyiraminya “.

Mencoba memahami cerita tersebut kita bisa mengambil banyak makna yang dapat kita aplikasikan sebagai pemimpin (leader). Kita semua tahu bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Pemimpin yang kuat tahu bahwa kita adalah periuk-periuk yang retak. Pemimpin yang baik harus bisa melihat kekurangan bawahannya dan membuatnya menjadi sesuatu yang tidak perlu di risaukan. Tantangan bagi seorang pemimpin adalah membuat orang-orang biasa melakukan performa yang lebih baik daripada apa yang tampak dan mengeluarkan kekuatan- kekuatan yang mereka miliki, mempergunakan kemauan internal karyawan untuk menginspirasikan sesuatu yang lebih besar.

Pemimpin sejati akan membantu orang-orang mengembangkan potensi karyawan sedemikian rupa sehingga kelemahan yang mereka punyai tidak mengganggu proses peningkatan kinerja setiap orang sampai pada tingkatan yang paling tinggi dan ini merupakan pengembangan yang sesungguhnya. Karena menahan atau membiarkan orang-orang berperforma buruk berarti menghambat kesempatan pengembangan karyawan yang lain, produktivitas dan semangat menurun bahkan bisa mengakibatkan orang-orang berperforma baik akan meninggalkan perusahaan. Perusahaan yang sukses menangani orang-orang berperforma buruk dengan sistematis dan dilakukan setiap hari sedangkan perusahaan lain tidak.

Bagaimana kita bisa membangun karyawan atau tim berperforma tinggi? Ada beberapa faktor yang dibutuhkan untuk mentransformasikan karyawan atau tim berperforma tinggi yaitu:

  • Pemimpin yang selalu melibatkan (involvement). Semua karyawan atau anggota tim yang dilibatkan dalam membuat perencanaan dan melaksanakan tindakan-tindakan serta tindak lanjut yang kuat akan merasa dihargai dan dengan demikian akan menumbuhkan semangat kerja yang lebih baik.

  • Kepemimpinan yang memfasilitasi. Tugas pemimpin adalah memudahkan dan menerangi apa yang sedang terjadi. Biarkan karyawan atau anggota tim melakukan tugasnya dengan baik dengan sesedikit mungkin campur tangan pemimpin. Pemimpin memfasilitasi dengan system yang membuat semua orang bisa berinovasi.

  • Gambaran tentang hasil kinerja. Sulit bagi banyak orang untuk mempunyai semangat akan apa yang mereka kerjakan apabila mereka tidak bisa melihat hasilnya. Karyawan atau anggota tim akan semakin semangat ketika mengetahui bahwa kinerja mereka berarti bagi organisasi. Maka menjadi kewajiban pemimpin untuk menunjukkan betapa hasil kinerja mereka memainkan peran penting dalam pekerjaan yang lebih besar.

  • Masukan dan belajar terus menerus. Kita perlu melihat dan mengevaluasi hasil kinerja , mana yang berhasil dan mana yang tidak. Pemimpin yang kuat akan menciptakan semua anggotanya untuk bersedia menerima masukan dan meningkatkan belajar yang terus menerus untuk mencapai performa yang lebih baik.

  • Kesimbangan karena kekuatan-kekuatan. Setiap orang pasti mempunyai kelemahan dan kekuatan. Tetapi pemimpin yang kuat menambahkan orang-orang dan menyatukan mereka karena kekuatan yang mereka punyai. Untuk bisa memimpin orang-orang yang beraneka ragam dibutuhkan kayakinan dan kecakapan pemimpin.

  • Kecerdasan emosi yang tinggi. Kecerdasan emosi ini tidak hanya harus dipunyai oleh pemimpin tetapi juga semua anggota organisasi. Kecerdasan emosi perseorangan mempunyai sebuah analogi kelompok dan sama kritisnya terhadap efektivitas sebuah kelompok. Sebuah studi menemukan bahwa semakin positif suasana hati, semakin baik tingkat kerjasamanya.

Kontributor:

sitisalimahSiti Salimah, S.Si,Apt . Lulusan Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada ini adalah seorang konsultan manajemen dan tenaga proffesional yang mengabdikan keahliannya di sebuah rumah sakit swasta di Yogyakarta sebagai Apoteker, Melengkapi karir sebagai Apoteker, Titi juga sangat tertarik mempelajari ilmu manajemen khususnya untuk aplikasinya di area rumah sakit dengan dengan mengambil study S2 di Magister Manajemen Rumah Sakit di fakultas Kedokteran UGM

Tak hanya berbekal teori, dia melengkapi skills-nya sebagai konsultan manajemen dengan memiliki sertifikasi di bidang ini sebagai Certified Management System Auditor dari The International Register of Certificated Auditors (IRCA)

Share and Enjoy: These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • MisterWong
  • Y!GG
  • Webnews
  • Digg
  • del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • blogmarks
  • Blogosphere News
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Squidoo
  • Technorati
  • YahooMyWeb
  • Socialogs
  • email
Posted in: Featured, Leading Others

About the Author:

Post a Comment