Pengembangan diri menjadi profesional yang diburu di pasar kerja

riri_satriaMenjadi tenaga profesional yang dicari-cari oleh Executive Search / Head Hunter tentu menjadi hal yang dapat membantu mempermudah perjalanan karir seseorang proffesional.

Kumpulan opini yang saya kutip dari Majalah SWA 28 Mei 2009 (termasuk IMHO / in my humble opinion) … So, bagaimana tipsnya ? Inilah ringkasannya :

.

  • Kemampuan kepemimpinan yang baik (great leadership).
  • Personal branding yang baik (great personal branding).
  • Rekam jejak dan kinerja yang baik dan bernilai lebih (great performance record).
  • Terus-menerus belajar dan mengembangkan kompetensi (learning new things).
  • Mampu menarik pelajaran dari kegiatan keseharian (learning from daily life).
  • Selalu belajar dari orang-orang sukses (learning from others).
  • Selalu up-to-date dengan kondisi bisnis yang ditekuni (up-to date).
  • Selalu menjadi yang terbaik, lakukan yang terbaik (always do the best).

Pengakuan akan datang dengan sendirinya sebagai buah dari kerja keras dan komitmen baik Anda sebagai profesional. Ke depan, dengan situasi bisnis yang makin kompleks, apalagi gelombang krisis global belum surut, tentu profesional makin dituntut untuk mampu memoles diri. Tak hanya wawasan, menurut Riri Satria, diperlukan pula kemampuan kepemimpinan dan tak kalah penting personal branding. “Supaya terus menjadi incaran head-hunter,” ucap Direktur Consulting People Performance Consulting Indonesia ini.

“Seorang profesional harus bisa menjaga kinerja serta rekam jejaknya dengan baik, berkontribusi terhadap perkembangan perusahaan, memiliki nilai lebih dibanding profesional lain di bidangnya dan mampu membangun relasi sehingga banyak orang yang merekomendasikan mereka kepada head-hunter,” papar pengamat manajemen SDM, Arina Sary.

“Rajin membaca buku, ikut pelatihan, ikut seminar yang dibawakan oleh public speaker seperti James Gwee,” ujar Sandy Lumy, Country Manager Commercial Business Lenovo Indonesia. Menurutnya, seorang profesional dituntut dan wajib mengasah kemampuannya. Tentu banyak cara agar tetap belajar dan menambah wawasan.

“Saya terus mengasah kemampuan dengan terus meng-update informasi yang terkait dengan industri telekomunikasi,” ujar Martini yang saat ini bertanggung jawab untuk penjualan Esia, Wifone, Wimode, dan Esia Tel.

“Belajar sebenarnya ada di lapangan. Kita bisa belajar dalam kehidupan dan praktik mengatasi tantangan sehari-hari,” ujar Pieter yang pada Maret lalu didapuk menjadi Direktur & Country Manager Dell Indonesia.

“Kuncinya adalah open mind. Prinsip saya, kalau atasan saya orang pintar, saya akan belajar banyak dari dia. Kalau atasan saya bukan orang pintar, saya juga punya semangat untuk menggantikan posisinya,” tutur Muhammad Buldansyah, kelahiran Oktober 1963, yang saat ini bekerja sebagai Deputi Presdir PT Bakrie Telecom.

Do the best. Begitu juga yang diyakini Ridwan Zharie, Direktur Risk & Compliance Recapital. “Di mana pun saya bekerja, saya selalu berusaha menjadi yang terbaik dengan cara memberikan yang terbaik untuk perusahaan, karyawan, dan stakeholder,” tuturnya.  “Bagi saya, apabila saya dianggap berprestasi ataupun terpilih sebagai sosok yang patut diperhitungkan, ini hanya efek samping dari kinerja optimal saya,” kata salah satu Prominent Young Business Leader di Asia yang dilakukan oleh Asia 21 Society dalam summit mereka, November tahun lalu, di Tokyo.

Tulisan ini dan Tulisan menarik lainnya mengenai Pengembangan Proffesional & MSDM dapat juga diakses langsung melalui: MEMOLES DIRI AGAR JADI SASARAN TEMBAK HEAD-HUNTER

Kontributor:

Riri SatriaRiri Satria, S. Kom, MM. Selain mejadi blogger yang produktif, Sarjana dari Fakultas Ilmu Komputer UI dan MM bidang manajemen stratejik & internasional dari Sekolah Tinggi Manajemen PPM ini adalah kandidat Doctor dari Program Pasca Sarjana Manajemen dan Bisnis Institut Pertanian Bogor (MB-IPB).
Selama lebih dari 10 tahun kiprahnya di bidang pendidkan dan konsultansi, dia pernah aktif di sebagai konsultan / Dosen di berbagai institusi di antaranya: KPMG (Klynvelt Peat Marwick Goerdeler), Lembaga Manajemen PPM, Program Magister Manajemen – Sekolah Tinggi Manajemen PPM, PT. Daya Makara UI (Makara UI Consulting). Saat ini beliau Menjadi knowledge entrepreneur dengan memimpin sendiri sebuah Lembaga Konsultansi Manajemen di Jakarta.

Share and Enjoy: These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • MisterWong
  • Y!GG
  • Webnews
  • Digg
  • del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • blogmarks
  • Blogosphere News
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Squidoo
  • Technorati
  • YahooMyWeb
  • Socialogs
  • email
Posted in: Career, Featured

About the Author:

9 Comments on "Pengembangan diri menjadi profesional yang diburu di pasar kerja"

Trackback | Comments RSS Feed

  1. mengembangkan diri itu fitrah manusia, bahasan yg menarik dan mendalam..salam

  2. Training K3 says:

    gagasan yang menarik…sukses buat anda

    Pelatihan K3

  3. Idabo says:

    Ide bagus, memang yang dibutuhkan sekarang ini bukan sekedar kuantitas tetapi kualitas SDM.

  4. unik4 says:

    percaya diri.
    Btw baru diluncurkan. Kita sekarang dapat menyimpan dan saling berbagi file ke dalam sebuah website. GRATIS. Websitenya adalah http://www.banyak.com. Ini sebagai alternatif pengganti flashdisk atau album data/foto/musik/video/film. Praktis karena dapat diakses selama ada sambungan internet kapan saja dan aman. Kapasitas hingga 100 Mb per simpanan.

  5. hhrma bali says:

    info yang bermamfaat.

  6. Ellie says:

    I should pronounce, as a large amount as I enjoyed reading what you had to say, I couldnt help excluding spend leisure activity later than a while. Its as condition you had a fantastic grasp resting on the subject substance, on the contrary you forgot to contain your us your readers. Maybe you should imagine concerning this from far-flung extra than one approach. Before possibly you shouldnt generalize as a result by far. Its better proviso you imagine in relation to what others may have to utter in its place of just free for a gut corollary to the subject. Ponder regarding adjusting your peculiar belief administer and generous others who may interpret this the benefit of the doubt.

  7. Gianna says:

    By doing this, having this kind of a worthy website I think you will probably rank higher in the search engines.

  8. Lauren says:

    Many thanks to the Terrific Contest. Would adore to win!!

  9. Allison says:

    Very efficiently written post. It will be valuable to anyone who utilizes it, as well as myself. Keep up the good work – for sure i will check out more posts.

Post a Comment