By November 27, 2008 0 Comments Read More →

PANDUAN PENYUSUNAN SUCCESSION PLANNING – ASPEK-ASPEK YANG TERMASUK DALAM PERENCANAAN SUKSESI

Bagian 2 dari 3 tulisan

Perenncanaan SuksesiKaryawan mana saja yang merupakan pegawai kunci?

Bisa jadi pegawai kunci bukan terdiri dari tim manajemen senior, namun seringkali mereka adalah operator mesin, tim kurir atau supir truk keruk. Siapapun yang pada kenyataannya menjadi kunci untuk keberhasilan organisasi secara berkesinambungan, yang keahliannya tidak dapat digantikan dengan mudah.

Seberapa tua umurnya para karyawan kunci ini?

Kendati umur itu sendiri bukan merupakan factor penting, jika seorang karyawan kunci sudah mendekati usia pensiun, pastilah dia akan berhenti juga suatu saat.

Masa Kerja

Masa kerja dapat mengindikasikan tingkat pengalaman dan pengetahuan yg tidak terdokumentasi mengenai bagaiamana organsisi berjalan selama ini

Resiko Kehilangan

Suatu keputusan perlu dibuat berdasarkan pada individu tertendu. Bagaimana kemungkinan orang tertentu akan berhenti? Hal ini mungkin sebagian besarnya bersifat sangat subjektif, berdasarkan pada pengetahuan anda mengenai individu tersebut. Jika pegawai tersebut sudah mendekati usia pensión dan telah bekerja cukup lama untuk mengajukan pensión dini, maka resikonya bisa jadi tinggi. Sebaliknya, seorang pekerja yang berusia pertengahan tiga pululan dengan masa kerja lebih dari lima atau enam tahun bisa saja dianggap beresiko rendah, Namur jika mereka benar-benar tidak menyukai pekerjaannya atau merasa jenuh dignan peran mereka, maka mereka dapat merasa “rumput tetangga lebih hijau” artinya mereka tergiur untuk bekerja di tempat lain yg mereka rasa lebih menguntungkan.

Sebagaimana telah disebutkan di atas, manusiua itu bersifat sukar diramalkan, karena itulah tidaklah mudah untuk percaya begitu saja pada pernyataan tersebut.  Anda harus memahami karyawan Anda sendiri.

Akibat Kehilangan

Apa efeknya terhadap organisasi jika orang ini berhenti? Apa efek langsungnya, dan apa dampak finansial yang akan terjadi pada saat itu? Apa dampaknya pada pemenuhan kebutuhan pelanggan? Apa efeknya akan menyebabkan kerugian dari segi waktu, kemungkinan2 error atau masalah lainnya baik secara internal maupun eksternal? Dan apa efeknya bisa jadi adalah kerugian yang terjadi pada struktur manajemen?

Seperti Resiko Kerugian, keputusan untuk menentukan rendah, sedang atau tingginya kebutuhan harus didasarkan parameter yang definisikan dengan jelas, yang dapat saja bersifat subjektif. Tidak bergantung pada bagaimana Anda memutuskan parameter apa saja itu, selama Anda menerapkannya pada setiap orang (tanpa pandang bulu).

Suksesor (Pengganti) Jangka Pendek

Jika karyawan kunci ini berhenti sementara atau meninggalkan pekerjaan karena sakit, siapa yang dapat menggantikan pekerjaan mereka dalam waktu sesingkat itu? Akankah si pengganti harus menggantikan peran si karyawan kunci yang sakit tadi, sebaik orang yang digantikannya? Seberapa lama pergantian mereka berdua dapat berlangsung secara efektif? Apakah suksesor jangka pendek ini memiliki seluruh keahlian dan pengetahuan yang diperlukan untuk menggantikan peran tersebut dengan pemberitahuan sesingkat itu? Jika tidak, Anda harus membuat rencana pengembangan dan diklat untuk mereka berdua.

Suksesor Jangka Panjang

Siapa dalam organisasi yang memiliki kemampuan atau potensi untuk menggantikan seluruh peran karyawan kunci dalam jangka panjang? Gap (kesenjangan) apa yang akan timbul dalam struktur organisasi (dengan adanya pergantian tersebut)? Akankah mereka memiliki keahlian dan pengetahuan yang diperlukan untuk melaksanakan peran ini secara efektif?

Share and Enjoy: These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • MisterWong
  • Y!GG
  • Webnews
  • Digg
  • del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • blogmarks
  • Blogosphere News
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Squidoo
  • Technorati
  • YahooMyWeb
  • Socialogs
  • email

About the Author:

Post a Comment