By November 6, 2008 0 Comments Read More →

Penjurusan SMA di Jepang

Penjurusan SMA di Jepang hampir sama dengan sistem yang diterapkan di beberapa negara, tetapi menarik untuk melihat course/jurusan yang ditawarkan oleh sekolah swasta.

Saya akan membahas terlebih dahulu penjurusan di SMA negeri. Dalam hal ini saya tampilkan contoh sebuah SMA favorit di Nagano, yaitu SMA Tatsuno. Sebelumnya perlu diketahui bahwa SMA Tatsuno adalah integrated school yang menggabungkan Pendidikan Umum dan Pendidikan Kejuruan dalam satu sistem sekolah.

Pendidikan Umum di Tatsuno dibagi dalam 3 jurusan, yaitu Jurusan Bahasa (文系=bunkei) yang merupakan course untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi Fak. Bahasa,  Akademi/College, atau bercita-cita menjadi pegawai negeri. Jurusan kedua adalah Jurusan Sains (理系=rikei), yang mempersiapkan siswa untuk meneruskan ke PT jurusan sains. Dan yang ketiga adalah Jurusan Kesejahteraan dan Keluarga (福祉保育系=fukushiihoikukei), yaitu jurusan yang mempersiapkan siswa untuk meneruskan ke PT jurusan sosial kemasyarakatan.

Pendidikan Kejuruan di Tatsuno adalah pendidikan bisnis, yang dibagi menjadi tiga jurusan, yaitu Jurusan Akuntansi (会計系=kaikei), Jurusan Informasi (情報系=jouhoukei), dan Jurusan Manajemen (経営系=keieikei). Jurusan Akuntansi mempersiapkan siswa untuk melanjutkan ke PT pada jurusan terkait. Jurusan Informasi menekankan kepada penguasaan multimedia dan penyusunan informasi bisnis, dengan sasaran melanjutkan ke PT. Jurusan Manajemen memfokuskan kepada kegiatan manajemen bisnis, marketing dan etika berbisnis.

Penjurusan di SMA swasta lebih menarik lagi dengan keragamannya. Saya kutipkan Course yang ditawarkan sebuah SMA terkenal di Gifu, yaitu SMA Chukyo. Sekolah ini terkenal sebagai gudang atlet-atlet ternama Jepang, bahkan Klub baseballnya juga beberapa kali memenangkan kompetisi baseball se-Jepang.

Jurusan yang ditawarkan SMA Chukyo adalah : 1) Excellent Course, yaitu jurusan yang mempersiapkan lulusannya untuk tembus ke Universitas Negeri dan Swasta ternama dan pada jurusan yang ternama pula,seperti Kedokteran Tokyo University, atau Kyouto University, menawarkan pembinaan siswa per siswa yang dilakukan serius dengan membatasi jumlah siswa per kelas. 2) Ecshed Course, yaitu jurusan yang  menekankan kepada sains, 3) Literature and Science Course, menekankan kepada pemahaman budaya dan sains. Pada saat kelas satu, para siswa mengambil mata pelajaran di kedua bidang, dan saat kelas dua mereka memilih bidang yang ingin ditekuninya hingga kelas 3. 4) International Course, tujuannya menguasai pembelajaran Bahasa Inggris dan menyiapkan diri melanjutkan ke PT jurusan bahasa atau yang terkait. Program ini menawarkan program tinggal di Kanada selama satu tahun. 5) Sports Course, menyiapkan siswa untuk menjadi atlet ternama. 6) Progress Course, menawarkan kegiatan belajar mandiri, 7) Information Business Course, mempelajari penguasaan multimedia, IT dan pemrograman, 8) Business Course, mempelajari manajemen bisnis.

Terlihat bahwa sekolah swasta mempunyai variasi penawaran course yang berorientasi kepada minat dan bakat siswa. Yang menarik adalah dimasukkannya olah raga sebagai salah satu course. Sekolah-sekolah olah raga tidak berdiri sendiri tetapi pembinaan atlet dimulai dari level pendidikan menengah, baik berupa keikutsertaan dalam club activities atau memang mengkhususkan diri untuk menjadi atlet.

Dengan keragaman ini, maka semua keinginan dapat dipenuhi. Dan tidak ada lagi paksaan untuk hanya memilih jalur PT untuk menjadi orang sukses.

Tulisan ini dan artikel menarik lainnya dapat dilihat juga di: Penjurusan SMA di Jepang

Kontributor:

Murni RamliMurni Ramli. Lulusan Institut Pertanian Bogor ini pernah berprofesi sebagai tenaga pendidik di dua sekolah berasrama (boarding school) di Bogor. Dalam kesibukannya saat ini sebagai Kandidat Doctor (PhD) di bidang Manajemen Sekolah di Graduate School of Education and Human Development, Nagoya University, Japan, Beliau sangat aktif menulis tentang informasi dan pandangannya seputar manajemen & dunia pendidikan serta berbagai informasi menarik tentang negeri, budaya dan pandangan orang-orang Jepang. Pemilik blog “Berguru” ini juga sangat menyenangi dunia Penelitian dan Pengembangan serta mempelajari berbagai bahasa sehingga bisa menguasainya dengan cukup baik, di antaranya: Bahasa Inggris, Arab, Jawa, Bugis dan sedikit Bahasa Sunda.

Share and Enjoy: These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • MisterWong
  • Y!GG
  • Webnews
  • Digg
  • del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • blogmarks
  • Blogosphere News
  • Facebook
  • LinkedIn
  • Squidoo
  • Technorati
  • YahooMyWeb
  • Socialogs
  • email
Posted in: Education

About the Author:

Post a Comment

Switch to our mobile site